Jakarta (ANTARA) – Arsenal naik ke empat besar klasemen sementara Liga Inggris setelah menekuk Manchester United 3-1 dalam laga pekan ke-34 di Stadion Emirates, London, Sabtu.

Gol-gol Nuno Tavares, Bukayo Saka dan Granit Xhaka yang hanya bisa dibalas sekali oleh United melalui Cristiano Ronaldo, sukses membuat Arsenal mengambil alih peringkat keempat dari tangan Tottenham Hotspurs.

Arsenal mengantungi 60 poin dan unggul tiga poin dari Tottenham yang bermain dalam jadwal lebih larut di markas Brentford, sedangkan United (54) tak beranjak dari urutan keenam, demikian catatan situs resmi Liga Inggris.

Pertandingan baru berusia tiga menit ketika Arsenal membuka keunggulan melalui kesigapan Tavares menyambar bola muntah hasil tembakan Saka yang tak diantisipasi sempurna oleh kiper David de Gea.

United nyaris membalas pada menit ke-23 tapi tembakan spekulatif Diogo Dalot masih membentur mistar gawang, lantas empat menit kemudian di ujung lapangan berbeda gawang tim tamu dijebol oleh Eddie Nketiah.

Gol itu menciptakan drama VAR, sebab wasit Craig Pawson menganulirnya karena offside tetapi lantas menghadiahi tuan rumah dengan tendangan penalti karena menilai Alex Telles melanggar Saka dalam proses yang sama.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Saka yang menjadi algojo dan mengecoh De Gea untuk menggandakan keunggulan Arsenal pada menit ke-32.

Baca juga: Jebol gawang Arsenal, Cristiano Ronaldo cetak rekor individual

Dua menit berselang, sebuah Ronaldo berhasil mengalahkan Tavares maupun Gabriel Magalhaes untuk menyambut umpan silang akurat kiriman Nemanja Matic dan memperdaya kiper Aaron Ramsdale demi memperkecil ketertinggalan United 1-2.

Gol itu menggenapi raihan gol ke-100 Ronaldo di Liga Premier dan membuatnya menjadi pemain pertama yang bisa mencatatkan hal serupa di tiga kompetisi termasuk La Liga Spanyol dan Liga Champions.

Skor 2-1 bagi Arsenal bertahan hingga turun minum tetapi mereka mengawali babak kedua dengan sebuah kesalahan tak perlu ketika Tavares kedapatan menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak terlarang dan wasit Pawson menunjuk titik putih.

Sayangnya, Bruno Fernandes yang maju jadi algojo untuk kedua kalinya gagal mengkonversi tendangan penalti setelah bola sepakannya membentur tiang. Ronaldo kemudian menjebol gawang Arsenal lagi pada menit ke-60, hanya untuk mendapati golnya dianulir karena offside.

Arsenal merestorasi keunggulan dua gol mereka pada menit ke-70 saat Xhaka melepaskan tembakan kaki kiri maut memanfaatkan umpan dari Mohamed Elneny yang sebelumnya merebut bola dari penguasaan Fernandes. 20 menit terakhir pertandingan berlalu tanpa ada satu pun peluang berarti bisa dihasilkan oleh United ke area pertahanan Arsenal yang secara rasional memilih menebalkan lini belakang mereka demi menjaga keunggulan 3-1 hingga peluit bubaran.

Baca juga: Thomas Frank minta Brentford waspadai duet Kane dan Son

Baca juga: Erik Ten Hag tegaskan tidak akan ubah gaya kepelatihan di United

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Sumber Link : Antara News