TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama PT Pelni pada tahun ini kembali mengadakan mudik gratis sepeda motor naik kapal laut.

Masyarakat pengguna sepeda motor yang hendak melaksanakan perjalanan arus mudik atau balik diharapkan dapat memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto mengatakan salah satu tujuan utama mudik gratis ini adalah untuk mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan saat arus mudik atau balik.

“Selain itu kami berharap pemudik yang belum pernah memilih moda transportasi laut dapat tertarik untuk mencoba dan menjadikan transportasi laut alternatif pilihan saat bepergian,” ujar Capt Mugen, Sabtu (22/4/2022).

Ada 2 (dua) armada kapal yang digunakan untuk mudik motor gratis ini yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang dioperatori oleh PT. Pelni. Kedua kapal ini merupakan kapal 3 in 1 yaitu kapal yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan. Kapasitas Masing-masing Kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 Unit Motor dan 2.500 penumpang.

Capt Mugen mengungkapkan antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis ini cukup tinggi. Terbukti dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir penuh.

“Keberangkatan tanggal 29 April 2022 sudah hampir penuh, tinggal keberangkatan tanggal 26 April 2022 masih sekitar 800 an untuk motor dan 1000 an penumpang,” ungkapnya.

Adapun rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta – Semarang – Surabaya (Arus Mudik) dan Surabaya – Semarang – Jakarta (Arus Balik).

Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Dobonsolo yaitu tanggal 26 April 2022 Jam 13:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 Jam 22:00 WIB.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 Jam 17:00 WIB dan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17:00 WIB

“Untuk info selengkapnya dapat langsung mengakses http://mudikgratis.dephub.go.id/ dan terus memantau akun resmi media sosial @djplkemenhub151 ,” tutup Capt Mugen. (*)





Sumber Link : Tribunnews