Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta para insan transportasi perkeretaapian yang bertugas agar melayani para penumpang kereta api dengan ramah, sambil mengimbau para penumpang untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Berikan senyum dengan gerak tubuh yang simpatik saat menyampaikan saat mengecek apakah penumpang sudah menggunakan vaksin booster, ataupun saat mengingatkan mereka untuk disiplin protokol kesehatan. Lakukan dengan tegas namun tetap humanis dan ramah,” kata Budi Karya saat memimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2022 di Stasiun Gambir, Jumat.

Menhub mengatakan, pada tahun ini animo masyarakat untuk mudik sangat tinggi. Oleh karena itu, seluruh petugas harus mengawal pergerakan penumpang dengan cermat dan memastikan bahwa protokol kesehatan dan aturan perjalanan terus ditegakkan, dan menghindari terjadinya antrian yang berpotensi menimbulkan penumpukan penumpang.

Untuk menghindari kepadatan di hari tertentu, Menhub mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal.

“Idealnya mudik di tanggal 23 s.d 27 April. Sebisa mungkin hindari melakukan perjalanan di hari puncak (28-30 April 2022),” ujarnya.

Mengantisipasi tingginya pemudik yang menggunakan sepeda motor, Menhub mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis baik yang diselenggarakan Pemerintah, BUMN, maupun swasta.

“Kita ingin mudik tahun ini berjalan dengan aman dan sehat, serta membawa kegembiraan bagi masyarakat. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor karena sangat membahayakan,” katanya.

Salah satu program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat itu program mudik motor gratis (Motis) yang diselenggarakan oleh Kemenhub bekerja sama dengan KAI Logistik.

Program ini diperuntukkan untuk pemudik yang sudah memiliki tiket kereta api, bus, atau travel, yang bertujuan untuk mengirimkan sepeda motornya ke kampung halaman yang dituju secara gratis.

Adapun pendaftaran peserta mudik motor gratis dengan kereta api dapat dilakukan secara online melalui link bit.ly/motis2022 mulai 20 April hingga 8 mei 2022 dengan total kapasitas angkut sebanyak 9.280 unit motor.

Adapun rute dan jalur yang akan ditempuh dalam motis lebaran 2022 dibagi menjadi 2, yaitu lintas utara dan lintas selatan. Untuk lintas utara (PP) melintasi : Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalogan, dan Stasiun Semarang Tawang. Sementara, Lintas selatan (PP) melintasi: Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, dan Stasiun Purwosari.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, Dirut KAI Didiek Hantantyo, Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Chaidir.

Baca juga: KA Bogor-Sukabumi perdana operasi, Kemenhub pastikan penumpang nyaman

Baca juga: Kemenhub dukung sinergi BUMN kembangkan angkutan batubara di Sumsel

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Sumber Link