TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA-  Oknum pegawai Bank BUMN, MAS disebut sebagai penyuplai pecahan uang nominal kecil yang beredar di sepanjang jalan Pahlawan Surabaya.

MAS menjabat di bagian perkreditan rakyat.

MAS menyalurkan pecahan tersebut kepada AH, warga Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh AH kepada para pengepul hingga pedagang uang pecahan kecil itu, bisa mencapai puluhan miliar setiap harinya.

Baca juga: Warga Cilegon Banten Serbu Tempat Penukaran Uang Pecahan

Untuk bertransaksi, uang dengan jumlah puluhan miliar tersebut, diantar oleh mobil dari berbagai bank tanpa adanya pengawalan dari kepolisian.

“Setiap hari transaksi mencapai puluhan miliar, uang yang akan disebar ke seluruh Jawa timur, dengan pecahan Rp 20 ribu hingga Rp 1000 rupiah.” ungkap Boncel (bukan nama sebenarnya).

Boncel menjelaskan, para pengepul di seluruh Jawa Timur yang akan mendapatkan uang pecahan tersebut, terlebih dahulu mentransfer dananya melalui rekening BCA 6100574XXX atas nama AH.

“Ya kalau ingin mendapatkan itu, para pengepul harus mentransfer dananya ke nomor rekening milik AH. Tentunya nilainya harus lebih besar dari jumlah yang ditukarkan atau didapatkan,” tambah sumber tersebut.

Disinggung peran dari MAS sendiri, Boncel menegaskan, MAS sangat aktif memberikan informasi harga uang baru kepada para pengepul.

Baca juga: Haji Endang Beli Pajero Sport dengan Koin Pecahan Rp 500, Hasil Jerih Payah Selama 4 Bulan

“Dia sangat aktif memberikan informasi harga, bahkan dirinya juga melayani langsung pengepul yang akan mengambil uang di rumah AH dengan menggunakan seragam kantornya,” ucapnya lebih lanjut.





Sumber Link : Tribunnews