TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Independen menunjukkan elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani dalam bursa calon Pemilihan Presiden 2024 mulai merangkak naik. 

Dalam survei tersebut, Puan Maharani dianggap berhasil merepresentasikan suara masyarakat luas.

Menanggapi hasil survei itu, Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai bahwa kenaikan elektabilitas ini menjadi wujud keberhasilan kerja Puan Maharani selama ini. 

Menurut Emrus, secara kualitatif, survei itu menunjukkan bahwa masyarakat melihat kinerja Puan Maharani.

“Hal ini membuat masyarakat memberikan suatu respon berupa voting behaviour atau perilaku memilih yang tercermin dalam kenaikan elektabilitas itu,” kata Emrus Sihombing, Sabtu (23/4/2022).

“Artinya, masyarakat berkeinginan memilih Puan Maharani dalam bursa calon Presiden 2024 nanti,” tambah Emrus.

Emrus juga mencatat, sederet kinerja nyata menjadi modal kuat bagi Puan dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 nanti. 

Ia juga menyoroti kerja Puan sejak menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI pada 2012. Dimana, Puan saat itu mampu memimpin dan meningkatkan produktivitas kerja fraksi.

Baca juga: Survei SMRC: Persaingan Ketat Prabowo-Puan dengan Anies-AHY dan Ganjar-Airlangga di 2024

“Saat Puan menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan juga saya melihat beliau berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dan saat ini, saat menjadi Ketua DPR, Puan mampu memimpin, mengayomi, dan menghadapi berbagai manuver politik yang ada,” ucapnya.

“Jadi menurut saya sosok Puan Maharani pas menjadi calon Presiden dan pas menjadi Presiden pada 2024-2029,” imbuh Emrus.





Sumber Link : Tribunnews