TRIBUNNEWS.COM – Inilah peringatan dini cuaca ekstrem pada Sabtu, 23 April 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut perkiraan BMKG, sebanyak 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Di antaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Sabtu, 23 April 2022: Waspada Cuaca Ekstrem di 30 Wilayah Indonesia

Dikutip dari bmkg.go.id, terpantau Bibit Siklon Tropis 98S dan 99S di Samudra Hindia barat daya Banten dan Laut Banda.

Lalu membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Selat Malaka hingga Sumatra Barat, dari pesisir barat Sumatra Barat hingga Bengkulu, di Samudra Hindia selatan Bengkulu, dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara.

Sementara sistem 98S menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang terpantau memanjang di Samudra Hindia selatan Jawa Barat-Bengkulu.

Terpantau juga Pusat Tekanan Rendah terpantau di Teluk Carpentaria, membentuk daerah konvergensi memanjang di Australia bagian utara dan Sirkulasi Siklonik di Laut Maluku yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Laut Filipina dan di Filipina.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga Sumatra Utara, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat.

Kemudian dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, di Sulawesi bagian tengah, dan di Papua. Pasifik utara Halmahera hingga Laut Sulawesi bagian timur, dan di Laut Banda.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi/low level jet tersebut.





Sumber Link : Tribunnews