Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Sebagian orang memiliki kulit yang sensitif. Sehingga perlu kehati-hatian dalam memilih produk skincare yang akan digunakan. 

Jika memilih secara asal, maka siap-siap akan mengalami masalah pada kulit. Di antaranya seperti berjerawat, kulit terkelupas, kemerahan dan sebagainya. 

Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memilih skincare bagi kulit yang sensitif. Hal ini disampaikan oleh Dermatologist dr Dian Pratiwi Sp KK FINSDV FAADV CCA

Pertama, jika ingin memilih produk skincare yang baru, baca terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya. 

Baca juga: Pertama Kali Gunakan Skincare? Berikut Langkah Amannya

Dr Dian mengatakan pengguna harus lebih cerdas dan kritis dalam mengetahui kandungan skincare yang ingin digunakan.

Kedua, disarankan memilih skincare tanpa ada pewangi. Hal inilah yang paling mudah dilakukan. Lalu yang ketiga, hindari penggunaan kandungan alkohol.

“Kandungan alkohol yang terlalu tinggi belum tentu kuat juga untuk kulitnya. Nah tiga itu paling utama,” ungkapnya dalam acara Kartini Fitri KG yang dilaksanakan di Bentara Budaya, Jakarta, Sabtu (23/4/2022).

Baca juga: Skincare yang Disarankan Dokter untuk Merawat Kulit Lansia

Selain itu minimalisir pemakaian bahan-bahan yang punya risiko iritasi. Misalnya retinol, salicylic acid dan sebagainya.

“Kandungan ini harus berhati-hati jika ingin menggunakan dan memulai. Pilih konsentrasi rendah sesuai dengan anjuran dokter,” katanya lagi. 

Sedangkan pada kulit kering, kuncinya adalah menggunakan moisturizer. Pastikan semua rangkaian digunakan punya sifat yang melembabkan. 

“Pilih skincare yang gentle. Gunakan bahan-bahan yang melembabkan. Kemudian berhati-hati bahan aktif rentan membuat kulit mengelupas,” pungkasnya.





Sumber Link : Tribunnews